Jumat, 04 Juli 2008

WISATA BUATAN

TAMAN REKREASI PANORAMA BUKIT BEDADUNG
• LOKASI : Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates
• JARAK DARI KOTA : ± 3 KM arah barat kota JEMBER
• LUAS LAHAN : 5 Ha

• DAYA TARIK WISATA
- 2 unit kolam renang untuk dewasa dan anak–anak
- Playground 300 M²
- Gazebo 8 Unit
- Taman 200 M²
- Pemandangan Sungai Bedadung yang berbatasan dengan lokasi

• FASILITAS
- Rumah Makan
- Areal Parkir 400 M²
- Pos Jaga 3 Unit
- Pusat Informasi
- Kolam Renang
- Musholla
- Toilet

TAMAN REKREASI OLENG SIBUTONG
• JENIS WISATA : Buatan
• LOKASI : Desa Biting Kecamatan Arjasa Jember
• JARAK LOKASI : + 12 Km Ke Arah Timur Kota
• LUAS AREA : 2 Hektar
• Berada pada ketinggian 500 m/dpl dan suhu udara max. 32°c – min. 29°c

• ATRAKSI DAN DAYA TARIK
- KOLAM RENANG
Wisata Oleng Sibutong memiliki dua kolam renang yang berasal dari sumber mata air Oleng Sibutong.

- PANORAMA ALAM
Wisata Oleng Sibutong memiliki keindahan alam yang asri dan sejuk dengan rerimbunan pohon yang dipadukan dengan taman buatan yang tertata rapi.

- HIBURAN
Pada saat hari libur besar (nasional) di Taman Rekreasi Oleng Sibutong selalu diadakan atraksi musik dan tari baik tradisional maupun modern

- SUMBER MATA AIR
Merupakan sumber utama untuk pengisian air kolam renang, yang konon menurut legenda merupakan tempat bersarangnya ikan Uling (Madura) yang berarti oleng dan tidak mempunyai ekor yang dalam bahasa Madura adalah butong yang kemudian dipakai sebagai nama obyek wisata Oleng Sibutong

• TRANSPORTASI
Wisata Oleng Sibutong berada pada Jalur Utama yang strategis dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua / lebih.

REMBANGAN
Wisata Rembangan yang terletak 12 km arah Utara Kota Jember merupakan obyek wisata pegunungan yang dilengkapi dengan pemandian, hotel dan agrowisata Kopi Kebun Rayap. Obyek wisata Rembangan ini mempunyai luas lahan 45,30 Ha denghan suhu udara antara 18 – 250 C dengan ketinggian ? 600 meter dari atas permukaan laut, merupakan lokasi wisata yang sangat sesuai untuk beristirahat, apalagi ditunjang dengan udara pegunungan yang sejuk dan panorama alamnya yang indah.
Wisatawan yang berkunjung ke Rembangan dapat menikmati teh jahe Rembangan dan pisang agung goreng keju Rembangan yang merupakan makanan khas Jember. Dengan fasilitas yang memadai, seminar dan lokakarya sering diadakan di obyek wisata ini. Wisatawan juga dapat mengunjungi Agrowisata Kebun Rayap yang merupakan Paket Wisata Rembangan.

• DAYA TARIK WISATA:
1. AGRO WISATA (Rembangan dan Perkebunan Rayap/ PTPN XII) dengan hasil perkebunan yaitu: kopi Arabika dan Robusta, pisang, durian dan pepaya.
2. Kolam renang terdiri dari dua unit (untuk dewasa dan anak – anak)
3. Panorama alam pegunungan
4. Perusahaan susu sapi rembangan

• FASILITAS
1. Jalan Aspal Hotmixed ke Lokasi
2. 2 Unit Kolam Renang
3. Hotel Kelas Melati – Kapasitas 27 Kamar
4. Aula Kapasitas 250 Orang
5. Restoran
6. Playground
7. Musholla
8. Areal Parkir yang luas
9. Lapangan Tenis
10. Gazebo
11. MCK
12. Shelter
13. Listrik / Air
14. Areal Perkemahan
15. Areal Sepeda Gunung dan berkuda

• HISTORIS
Wisata Rembangan merupakan peninggalan yang dibangun Belanda pada Tahun 1937 didirikan oleh Mr. Hofstide, bangunan asli dapat dilihat pada Restoran.

• TRANSPORTASI
dapat menggunakan segala jenis kendaraan

PEMANDIAN PATEMON
Pemandian Patemon termasuk jenis wisata Buatan terletak di Desa manggisan Kecamatan Tanggul dengan jarak + 35 Km ke arah Barat dari Kota Jember, dengan luas areal 4,5 Ha, berada pada ketinggian ± 500 m/dpl dengan suhu udata antara 28 – 340 C. Keindahan panorama dan kesejukan air kolam pemandian Patemon memang benar–benar mempesona mengingat kolam pemandian peninggalan Belanda ini berasal dari mata air lereng Pegunungan Argopuro.

• DAYA TARIK ATRAKSI WISATA
- PANORAMA ALAM
Di lokasi Obyek Wisata Patemon dapat dinikmati keindahan dan kesejukan alam dengan didukung adanya pohon – pohon rindang dan taman – taman bunga yang tertata rapi, menjadikan wisata patemon sangat menarik untuk dikunjungi
- KOLAM RENANG
Di Obyek Wisata Patemon dapat dinikmati oleh wisatawan adanya kegiatan renang pada kolam renang yang tersedia (dua unit kolam renang yaitu untuk orang dewasa dan anak-anak)
- DANAU BUATAN DAN BECAK AIR
Di Obyek Wisata Patemon dapat dinikmati oleh wisatawan bersama keluarga naik becak air dengan mengelilingi danau buatan dan menikmati indahnya alam sekitar.
- SUMBER MATA AIR MANGGISAN
Pemandian Patemon merupakan Obyek wisata yang dalam kesehariannya memanfaatkan Sumber Mata Air Manggisan yang debitnya cukup besar yaitu sekitar 185 l/detik. Dan di dalam lokasi terdapat sungai sebagai tempat penampungan dengan debit rata – rata 85 l/detik dan bangunan penampungan dari sumbermata air dibangun sejak jaman Belanda.
- PEKAN RAYA HARI IDUL FITRI
Diselenggarakan pada saat lebaran dimulai dari tanggal 1 s/d 10 Syawal yang diisi dengan kegiatan acara hiburan bagi masyarakat.

• FASILITAS
1. Kolam Renang
2. Kantor Informasi/UPTD
3. Toilet dan Kamar Ganti Pakaian serta Tempat Bilas
4. Tempat Areal Parkir
5. Playground
6. Musholla
7. Pos Jaga
8. Telepon Umum
9. Jalan Beraspal
10. Sumber Mata Air
11. Gazebo

• TRANSPORTASI
Lokasi Obyek Wisata Pemandian Patemon sangat strategis yang berada di jalur utama dari Surabaya ke kota Jember sehingga dapat dilalui berbagai jenis kendaran angkutan umum ataupun kendaraan pribadi dan wisatawan tidak mengalami kesulitan.

PEMANDIAN KEBON AGUNG
Wisata pemandian dengan luas areal ? 5 Ha berada pada ketinggian 110 meter dari atas permukaan laut dengan suhu udara antara 210 C – 350 C ini memiliki kolam renang yang aman dan nyaman untuk pengunjung. Lokasi wisata terletak di Desa Kebon Agung Kecamatan Kaliwates dengan jarak ? 3 Km dari Kota Jember. Dilokasi wisata ini juga terdapat hotel, rumah makan dan sarana bermain anak–anak. Lokasi yang terletak didalam kota memudahkan wisatawan mengunjunginya dengan berbagai kendaraan.

• ATRAKSI DAN DAYA TARIK
- Kolam Renang
Daya tarik utama di obyek Wisata Kebon Agung adalah kegiatan renang yang terdiri 2 (dua) unit kolam renang untuk dewasa dan anak – anak.
- Sumber Mata Air
Air Kolam Renang Pemandian Kebon Agung Berasal dari sumber mata air alami Watu Remuk yang berada di sekitar lokasi
- Panorama Alam
Pemandian Kebon Agung memiliki keindahan alam yang asri alami dengan rimbunnya tanaman pepohonan dan tanaman buatan yang tertata rapi

• FASILITAS
1. Kolam Renang 2 (Dua) Unit
2. Kantor Informasi
3. Hotel Kamar
4. Areal Parkir
5. Musholla
6. Aula/ Ruang Pertemuan
7. Kafetaria
8. Telepon Umum
9. Jalan Beraspal
10. Air /listrik
11. Toilet/Kamar Ganti Pakaian/Tempat Bilas
12. Gazebo
13. Tribun

• TRANSPORTASI
Pemandian Kebon Agung berada pada Jalur Utama Kota yang dilalui oleh lalu lalang kendaraan sehingga wisatawan tidak akan kesulitan dan dapat dilalui berbagai macam jenis kendaraan (roda 2 atau lebih)

• PEMILIK ATAU PENGELOLA
PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
UPTD PEMANDIAN KEBON AGUNG

• TARIF TIKET
Dewasa Rp. 3.000,-
Anak-2 Rp. 2.000,-
Motor Rp. 500,-
Mobil Rp. 3.000,-

Tidak ada komentar: