Jumat, 04 Juli 2008

JAJANAN




Tape Madu Jajanan Khas Jember & Bondowoso Semua daerah punya makanan atau minuman khas, begitupula Jember dan Bondowoso, punya jajanan khas berupa Tape Madu dan Suwar-Suwir. Tidak seperti tape-tape biasanya, tape madu buatan Bondowoso dan Jember punya citarasa tersendiri dan bagi penggemar tape wajib mencoba tape madu buatan Bondowoso dan Jember.
Jika mampir ke kota Suwar-Suwir Jember, akan dengan mudah menjumpai warung-warung maupun toko-toko yang menjual jajanan ini, terutama di sepanjang jalan Gajah Mada, dan tentu dengan merek-merek yang beraneka macam. Dari beberapa merek tersebut yang paling menonjol adalah merek Tape Madu Cap 89.
Tape Madu cap 89 selain tapenya keras tidak cepat lembek seperti tape biasanya dan juga enak. Jika berminat membeli lihat tanggal masaknya belilah tape dengan tanggal masak 1 atau 2 hari lagi sehingga dapat merasakan tape yang pas dan enak
Suwar-suwirLanjutan oleh-oleh dari Jember.Saat ada acara ke Jember, kami mampir ke toko oleh-oleh dan membeli jajanan khas Jember seperti suwar-suwir. Suwar suwir adalah makanan khas Jember. Makanan ini terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan seperti dodol namun lebih keras.Ada juga kerupuk puli, kerupuk singkong manis pedas. Suwar-suwir rasanya seperti ada tapenya. Empuk dah renyah bila digigit. Kerupuk puli rasa bawangnya juga cukup enak dan terasa bumbu bawangnya. Dan juga keripik singkongnya terasa manis dan pedas sesuai dengan judulnya. Cukup renyah juga.

Tidak ada komentar: